Total PENGUNJUNG

Senin, 29 Juni 2009

PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) TERHADAP CITRA BANK JABAR BANDUNG

(Survei Terhadap Nasabah Jasa Tabungan di Bank Jabar Bandung)
2008
Oleh : Kanaidi, SE., M.Si*
(Peneliti, Penulis, Pelaku Bisnis, Trainer dan Dosen Management Marketing)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Customer Relationship Management (CRM) dan pengaruhnya terhadap citra bank di Bank Jabar Bandung.
Penelitian ini dilakukan terhadap 100 nasabah jasa tabungan di Bank Jabar Bandung sebagai sampel penelitian.
Data primer didapat melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji terlebih dahulu.
Data yang didapat dianalisis dengan menggunakan metode analisis jalur (path analysis) untuk menilai pengaruh pelaksanaan CRM terhadap citra bank di benak nasabah jasa tabungan di Bank Jabar Bandung.

Hasil analisis jalur (path analysis) menunjukkan unsur-unsur CRM, yang terdiri dari people, business process, dan technology mempunyai pengaruh signifikan, baik secara simultan maupun secara parsial, terhadap citra bank di Bank Jabar Bandung.

Kata kunci : Customer Relationship Management (CRM), Jasa Tabungan, dan Citra Bank.

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi : Kanaidi, SE., M.Si*
e-mail : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id

*Profil Lengkap, lihat (click) di sini


Related Posting :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar